Rechercher dans ce blog

Monday, December 4, 2017

Apakah Anda sudah tau fakta-fakta tentang bulan Desember? Cek disini

IG: Readnan.id


  Bulan Desember ini adalah bulan yang terakhir di kalender. Setiap orang pasti ingin cepat-cepat menuju bulan yang ke dua belas ini, Kenapa? Karena disetiap bulan Desember mempunyai banyak cerita, mulai dari hari natal, pesta tahun baru, liburan akhir tahun, atau  juga ingin mempunyai harapan di tahun yang baru.

  Siapa sih yang tidak punya harapan atau keinginan yang harus dicapai pada masa yang baru. Pasti semua mempunyainya. Makanya bulan Desember ini adalah bulan yang penuh harapn.

  Tunggu dulu, bagi yang belum tau, ternyata bulan Desember juga mempunyai fakta-fakta yang belum banyak diketahui oleh orang banyak. Maka dari itu kami ingin para penggemar Readers untuk mengetahuinya, supaya bisa mengenal lebih jauh fakta tentang bulan Desember ini. Jangan lupa, sebarkan kepada teman-teman yang belum mengetahui tentang fakta ini.

  'Ayo dong min, udah ga sabar nih..'
  'Iya-iya, ini mau Mimin share'


1. Asal Nama Bulan Desember

     Wah.. Pasti para Readers bertanya-tanya, ada apa dengan bulan desember? Tenang-tenang, kami akan memberi tau ke kalian (Asik..). Jadi, zaman dulu bulan Desember itu bulan yang ke 10 (lho?) Iya beneran, ga percaya. Nih.. bulan Desember itu berasal dari kata 'dacem' yang artinya dalam bahasa Romawi kuno adalah 'Sepuluh' Kenapa? Karena waktu itu sebelum kalender bangsa Romawi disempurnakan seperti sekarang, mereka hanya memiliki 10 bulan dalam 1 tahun tanpa bulan Januari dan februari (Owhh.., terus-terus). Sampai saat ini karena sudah disempurnakan, bulan Desember masih bulan yang terakhir, meskipun kedua bulan tersebut (Januari dan Februari) sudah ditambahkan dalam kalender tahunan, tetap saja nama Desember digunakan dan tidak diubah namanya lainnya.

  'Owh.. Jadi paham saya min'
  'Gitu dong, langsung mengerti'
  'Ada lagi ga min faktanya?'
  'Masih ada dong, disimak ya'


2. Permulaan musim dingin dan panas

  Jadi gini, disetiap negara tuh pasti mempunyai musim yang berbeda-beda. Terutama negara dibelahan bumi Utara dan Selatan yang selalu berganti cuaca menjadi dingin atau panas. Setidaknya dalam tiga bulan sekali. Pada bulan Desember, belahan bumi bagian Utara akan memasuki musim dingin (Pada tanggal berapa min?) Kalo tanggalnya sih 21 Desember (Oh..). Kalo masyarakat dibelahan bumi bagian selatan akan mengalami hal yang sebaliknya, (Musim panas ya min) betul sekali.

  'Udah selesai min faktanya?'
  'Belum kok belum, buat kamu sih apa yang engga'
  'Bisa aja Mimin. Ayo, aku mau melanjutkan bacanya'
  'Simak fakta yang ketiga ya..'

3. Penarikan Uang di ATM

  'Lah-lah, apaan ini min?'
  'Huussttt.. Biasakan baca dulu sebelum komen'
  'iya-iya, saya minta maaf'

  Buat kalian yang belum tau kenapa mesin ATM bisa menjadi fakta pada saat bulan Desember.
  'Ayo lah min kasih tau. Jangan bikin penasaran berat'
  Nih.. Faktanya bulan Desember adalah bulan dimana masyarakat mengambil uang dengan jumlah yang sangat bnyak, dibandingkan dengan bulan biasanya (Ah, yang bener min?) Iya, buktinya orang-orang di negara Inggris selalu menarik uang di ATM sebesar sebelas milyar poundsterling pada bulan desember (Emang kenapa min?) Kayaknya sih masyarakat di negara Inggris membutuhkan lebih banyak uang untuk merayakan Natal (Oh.. Jadi gitu) Iya.

  'Sekian dari Mimin, sampai Jum...'
  'Tunggu! 
  'Kenapa?'
  'Share lagi dong min faktanya'
  'Ketagihan ya? Yaudah satu fakta lagi nih'
  'Asik dah si Mimin mah'

4. Pohon Natal Tiruan

  'Owh iya, bentar lagi kan ada yang memperingati Natal min'
  'Pintar kamu'

  Desember adalah hari yang sangat bahagia, karena akan ada yang merayakan natal, terutama umat Nasrani. Tidak heran, pohon natal akan menghiasi rumah-rumah yang akan memperingati hari besar tersebut (Meriah banget dong) Iya lah. Kalo zaman dulu umat Nasrani menggunakan pohon Cemara atau Pinus asli sebagai pohon natal (Ohh..). Makanya sekarang masyarakat ini lebih memilih pohon tiruan yang lebih awet dan mudah dipasang. Ada fakta juga nih (Fakta apaan min?) Ternyata pohon natal tiruan pertama kali dibuat di bulan Desember dan dibuatnya di Jerman. Dulunya mereka membuat pohon natal dari bulu angsa (Apa? Bulu Angsa?) Iya, terus sama mereka diwarnai dengan warna hijau, seperti warna pohon natal (Menarik banget nih)

  'Gimana udah puas dengan faktanya?'
  'Udah min. Makasih banget ya'
  'Iya-iya. Jangan lupa, ajak teman kamu suruh baca juga'
  'Siap min. Nanti share informasi yang bermanfaat lagi ya..'
  'Oke-oke. Yaudah Mimin pamit dulu. Dadah..' 
  *Criinngg* Miminya menghilang

Terima Kasih
Apakah Anda sudah tau fakta-fakta tentang bulan Desember? Cek disini : http://ift.tt/2il1YKU

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Bocoran Xiaomi "berlin" mencuat, pakai snapdragon 632 | Paling Jitu

   Xiaomi   dikabarkan akan meluncurkan kembali jajaran smartphone kelas low-mid dalam waktu dekat ini. Kali ini, mereka memberikan kode “...

Postingan Populer